Widhy's Guest Book

CBOX - www.cbox.ws - v4.3 -->

Mau buat buku tamu ini ?
Klik di sini
Sumber : http://ramadhanlmzero.blogspot.com/2012/12/cara-membuat-buku-tamu-keren-di-blog.html#ixzz3wBmkLEPw

Monday 18 July 2011

Kelola Diabetes Dengan Pemeriksaan Laboratorium Secara Berkala

Pemeriksaan laboratorium rutin bagi penyandang diabetes bermanfaat untuk mengelola diabetes, memantau efektivitas terapi dan deteksi dini risiko komplikasi yang mungkin terjadi.

Diabetes melitus adalah suatu kondisi di mana konsentrasi glukosa (gula sederhana) di dalam darah tinggi karena tubuh tidak dapat melepaskan atau menggunakan insulin secara optimal. Insulin adalah hormon yang dikeluarkan oleh sel beta di pankreas, yang bertanggung jawab dalam mempertahankan konsentrasi glukosa darah yang normal.

Peran Insulin Dalam Tubuh

Dalam keadaan sehat, tubuh kita menyerap glukosa dalam jumlah yang tepat dari makanan kemudian menyimpan sisanya. Glukosa tersebut diperlukan tubuh sebagai bahan bakar. Glukosa yang diserap dari makanan akan diangkut ke seluruh tubuh melalui aliran darah, kemudian diberikan ke sel-sel organ tubuh yang memerlukan dengan bantuan insulin, hormon yang dihasilkan pankreas. Bila jumlah glukosa berlebih maka insulin membantu menyimpan kelebihan glukosa tersebut di dalam organ hati dan otot (dalam bentuk glikogen), atau diubah menjadi trigliserida yang disimpan di dalam jaringan penyimpan lemak (adiposa).
Insulin yang berikatan dengan reseptornya (seperti kunci dan anak kunci) dapat membuka pintu masuknya glukosa ke dalam sel. Bila insulin tidak ada atau kerja insulin terganggu, maka glukosa tidak dapat masuk ke dalam sel, tetapi berada didalam pembuluh darah sehingga konsentrasi glukosa di dalam darah meningkat. Glukosa dalam darah yang berlebihan dapat menimbulkan berbagai masalah yang disebut komplikasi diabetes.

Pentingnya Pengelolaan Diabetes

Tujuan pengelolaan diabetes secara umum adalah meningkatkan kualitas hidup penyandang diabetes dengan mencegah terjadinya komplikasi menahun. Empat pilar pengelolaan diabetes yaitu edukasi, terapi gizi medis, latihan  jasmani, serta intervensi farmakologis. Keempat pilar ini berjalan bersamaan demi optimalisasi pengelolaan diabetes.

Laboratorium Klinik Prodia berkomitmen untuk membantu diabetisi (penyandang diabetes) dalam mengelola diabetes melalui penyediaan pemeriksaan laboratorium yang berkualitas.  Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menyediakan panel Pengelolaan Diabetes, yakni panel berisi sejumlah tes laboratorium yang bermanfaat untuk memantau kondisi individu penyandang diabetes, memantau kepatuhan dalam mengikuti terapi dan untuk melihat resiko komplikasi yang mungkin terjadi. Pengelolaan Diabetes yang baik diharapakan dapat meningkatkan kualitas hidup penyandang diabetes, dengan mengetahui resiko komplikasi sedini mungkin serta membantu dalam pencapaian target pengobatan.

(* Sumber: seri edukasi Prodia agustus 2009

No comments:

Post a Comment