Widhy's Guest Book

CBOX - www.cbox.ws - v4.3 -->

Mau buat buku tamu ini ?
Klik di sini
Sumber : http://ramadhanlmzero.blogspot.com/2012/12/cara-membuat-buku-tamu-keren-di-blog.html#ixzz3wBmkLEPw

Monday 18 July 2011

Amal-amal Penghapus Dosa


Berikut ini adalah beberapa amal yang secara langsung dikatakan di dalam nash dapat menghapus dosa, yaitu: 
  • Taubat dan membaca Istighfar -> Allah berfirman: "Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatn dan menganiaya dirinya, kemudian ia mohon ampun kepada Allah, niscaya ia mendapati Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (Q.S An Nisa: 110). "Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun  terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah." (Q.S Ali Imran: 135). Rasulullah bersabda : "Barangsiapa bertaubat sebelum matahari terbit dari Barat, Allah akan menerima taubatnya." (HR. Muslim). "Sesungguhnya Allah menerima taubat seorang hamba selagi nyawa belum sampai tenggorokan." (HR. At Tirmidzi).
  • Shalat Wajib dan Jumat -> Rasulullah SAW bersabda: "Bagaimana menurutmu jika ada sungai di depan pintu rumah salah seorang kalian, dimana ia mandi lima kali sehari, akankah kita katakan masih ada kotoran padanya?" Mereka berkata, "Tak kan tersisa kotoran sedikitpun." Beliau meneruskan, "Itulah perumpamaan shalat lima waktu, Allah hapus dengannya banyak kesalahan." (HR. Bukhari). dan dalam riwayat lain Rasulullah bersabda: "Shalat seorang lelaki secara berjamaah berlipat pahalanya daripada shalat dirumah atau dipasar sebanyak 27 kali. itu karena ia berwudhu dan memperbagus wudhunya, lalu keluar hanya untuk ke mesjid, setiap kali melangkah, satu langkah akan ditinggikan derajatnya dan dihapus dosanya untuk langkah satunya..." (HR. Bukhari dan Muslim). "Shalat lima waktu, shalat Jumat ke Jumat berikutnya dan Shaum Ramadhan berikutnya akan menjadi tebusan atas dosa di antara keduanya, asalkan dosa besar ditinggalkan." (HR. Muslim).
  • Shiyam dan Qiyam Ramadhan -> Rasulullah SAW bersabda: " Barangsiapa yang shaum (puasa) di bulan Ramadhan dengan penuh iman dan mengharapkan pahala, akan diampuni dosa-dosanya yang telah lampau." (HR. Muslim). "Barangsiapa yang qiyam (shalat malam) di bulan Ramadhan dengan penuh iman dan mengharapkan pahala, akan diampuni dosa-dosanya yang telah lampau." (HR. Bukhari).
  • Haji dan Umrah -> Rasulullah SAW bersabda: "Barangsiapa yang melaksanakan haji karena Allah dan tidak melakukan rafats (jima'a atau perbuatan keji) dan kefasikan, ia akan kembali seperti saat ia dilahirkan oleh ibunya." (HR. Bukhari). "Umrah yang satu ke umrah yang berikutnya akan menjadi tebusan atas dosa antara keduanya. Dan haji yang mabrur tak ada balasan selain Jannah." (HR. Muslim).
  • Berperang fi Sabilillah -> Rasulullah SAW bersabda : " Berperang di jalan Allah akan mengahapus segalanya (dosa) kecuali tanggungan hutang." (HR. Muslim). "Orang yang mati syahid akan diampuni setiap dosanya kecuali tanggungan hutang." (HR. Muslim)
  • Shadaqah -> Sabda nabi: ".....Shadaqah akan menghapus dosa seperti air memadamkan api ..." (HR. At Tirmidzi, hasan Shahih).
  • Qiyamullail di Malam Lailatul Qadr -> Sabda: "barangsiapa qiyamullail (Shalat malam) di malam Lailatul Qadr dengan penuh iman dan mengharapkan ridha Allah, akan diampuni dosanya yang telah lampau." (HR. Bukhari Muslim).
  • Shaum 'Asyura (10 Muharram) dan Hari arafah (9 Dzulhijah) -> Rasulullah SAW bersabda: "Akan mengahapus dosa setahun yang lewat dan yang berikutnya." (HR. Muslim).
  • Wudhu -> Sabda Nabi: "Barangsiapa berwudhu dan memperbagus wudhunya dosa-dosanya akan berguguran dari jasadnya bahkan dari bawah kuku-kuku." (HR. Muslim).
  • Berjalan kaki ke mesjid dan menunggu shalat -> "Maukah aku tunjukkan pada kalian sesuatu yang dengannya Allah menghapuskan dosa dan menambahkan kebaikan?" Para sahabat berkata, "Ya, kami mau." Rasulullah bersabda,"Menyempurnakan wudhy dengan segala kesusahannya, memperbanyak langkah menuju mesjid dan menunggu datang shalat setelah shalat." (HR. Ibnu Majah, Ahmad dan Malik).
  • Dzikir Saat Mendengar Adzan -> Sabda Rasul: "Barangsiapa yang ketika mendengar adzan mengucapan "Asyhaduallailahaillahuwahdahulasyarikalahu waannamuhammadan'abduhu warasuluhu raditubillahirabba wabimuhammadirrasulullah wabilislamidyna", maka dosanya akan diampuni." (HR. Muslim).
  • Membaca Tasbih dan Tahlil -> Sabda Nabi: "Barangsiapa yang mengucapkan "Subhanallahiwabihamdihi" sebanyak seratus kali dalam sehari, dosanya akan dihapus meski sebanyak buih di lautan." (HR. Bukhari).
  • Menjaga Adab di Hari Jumat -> Sabda Rasul: "Tidaklah seorang lelaki mandi di hari jumat dan bersuci sebersih-bersihnya, memakai minyak rambut dan minyak wangi yang ada dirumahnya lalu keluar menuju mesjid, ia tidak memisahkan dua orang-yang duduk-lalu shalat dan berdiam diri saat Imam berkhutbah, kecuali akan diampuni dosanya antara Jumat itu dan Jumat yang telah lewat." (HR. Bukhari).
  • Sakit Panas dan Berbagi Macam penyakit dan Kesedihan -> Sabda Rasulullah SAW: "Tidaklah seorang muslim merasa lelah, terserang penyakit, merasa susah dan sedih, disakiti orang lain, dan semua hal yang tidak mengenakkannya bahkan duri yang menusuk, melainkan dengannya Allah akan hapus dosa-dosanya." (HR. Bukhari).
  • Doa Khafaratul Majelis -> Sabda Nabi: "barangsiapa yang duduk dalam suatu majelis dan banyak berbuat sia-sia, lalu sebelum meninggalkan majelis ia membaca doa kafaratul majelis ("Maha suci Engkau Ya Allah, dengan segala puji-MU, aku bersaksi bahwa tiada ilah selain engkau, aku memohon ampun dan bertaubat padamu"), melainkan akan diampuni apa yang telah ia lakukan dalam majelis itu." (HR. At Tirmidzi).
  • Shalat Dua rakaat Setelah Melakukan Maksiat -> Rasulullah SAW bersabda: "Tidaklah seseorang melakukan dosa kemudian bangun dan bersuci lalu shalat -dua rakaat- dan beristighfar, memohon ampunan Allah, meliankan Allah akan mengampuninya." (HR. At Tirmidzi)

Semoga kita bisa mengimplementasikannya di kehidupan sehari hari kita.. Memang sich manusia itu tak luput dari dosa, tapi dengan adanya cara dan langkah-langkah diatas mempermudah kita menghapus dosa-dosa kita, asalkan jangan keterusan loh (heheh), klw mau tobat ya tobat dong!!!!

No comments:

Post a Comment